KOMUNIKASI; Pengertian, Jenis, dan Komunikasi Efektif

KOMUNIKASI


Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. 

Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Pengertian Komunikasi menurut para ahli :

  1. James A.F.Stoner

    komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
  2. Prof. Drs. H.A.W. Widjaya

    komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.

Jenis & Proses Komunikasi

A. Jenis Komunikasi

  • Komunikasi menurut cara penyampaiannya
1.  Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan merupakan komunikasi langsung yg terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat saling bertatap muka, misalnya dialog antara dua orang, wawancara dan sebagainya

2. Komunikasi Tertulis
Komuniaksi tertulis yg dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan suatu berita yg sifatnya singkat, jelas tetapi perlu untuk ditulis dengan maksud2 tertentu.

  • Komunikasi menurut kelangsungannya

1.   Komunikasi Langsung
Pada proses komunikasi langsung, komunikasinya dilakukan secara langsung tanpa adanya bantuan perantara orang ketiga, ataupun media komunikasi yg  ada dan tidak dibatasi oleh jarak.

2.   Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasnya dilakukan dengan bantuan dari pihak ketiga atau bantuan dari berbagai alat media komunikasi.

  • Komunikasi menurut perilaku

1. Komunikasi Formal
Komunikasi formal biasanya terjadi antara anggota suatu organisasi / persuhaan yg tata caranya sudah diatur dalam struktur organisasinya 

2.  Komunikasi Informal / Non Formal
Komunikasi informal terjadi pada suatu organisasi / perusahaan yg tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan juga tidak adanya pengakuan secara resmi. Komunikasi informal juga tidak memiliki pengaruh terhadap kepentingan organisasi / perusahaan.

  • Komunikasi menurut ruang lingkup

1. Komunikasi Internal
Komunikasi internal merupakan suatu komunikasi yg berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan. Komunikasi internal ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu : komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi diagonal                                           
2. Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal merupakan komunikasi yg berlangsung antara orgnaisasi atau perusahaan yg ada diluar ruang lingkup organisasi tersebut. Komunikasi pihak luar dapat berbentuk : konferensi pers, bakti sosial, siaran televisi dsb.

  • Komunikasi menurut aliran komunikasi
Informasi merupakan muatan yg menjadi bagian pokok komunikasi. Ada beberapa macam komunikasi menurut aliran informasi yg dapat dibedakan sebagai berikut :

-Komunikasi satu arah
-Komunikasi dua arah
-Komunikasi kebawah
-Komunikasi keatas
-Komunikasi kesamping


  • Komunikasi menurut jaringan kerja
Di dalam suatu organisasi / perusahaan komunikasi akan tercapai menurut sistem yg ditetapkan dalam jaringan kerja. Komunikasi menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi tiga antara lain:

Komunikasi jaringan kerja santai                               
komunikasi ini terjadi menurut saluran hirarki suatu organisasi
Komunikasi jaringan kerja lingkaran                                            
pada komunikasi ini terjadi melalui saluran komunikasi yg berbentuk seperti sebuah lingkaran
Komunikasi jaringan bintang              
komunikasi ini terjadi melalui satu sentral dan saluran yang dilalui lebih pendek.       
  • Komunikasi menurut peran individu

Komunikasi antar individu dengan individu yg lain.
Komunikasi ini terlaksana baik secara informal maupun nonformal, yg jelas individu yg bertindak sebagai komunikator harus mempengaruhi perilaku individu yg lain.                        

Komunikasi antara individu dengan lingkungan yg lebih luas.
Komunikasi ini terjadi karena adanya individu yg dimaksud memiiliki kemampuan yg tinggi untuk mengadakan hubungan dengan suatu lingkungan.                                                                              

Komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.
Komunikasi ini individu berberan sebagai perantara dua kelompok atau lebih.


B. Proses Komunikasi


Source : https://ebekunt.files.wordpress.com/2009/12/bagan-1-proses-komunikasi2.gif

Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.

Komunikator (sender)
yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.

Pesan (message)
itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya. 

media (channel)
alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan.

Komunikan (receiver)
menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.

Komunikan (receiver)
memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

Komunikasi Efektif

Tujuan dan bentuk komunikasi efektif :
Tujuannya adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan.
Bentuk komunikasi efektif :
   1. Komunikasi verbal efektif :
       - Berlangsung secara timbal balik.
       - Makna pesan ringkas dan jelas.
       - Bahasa mudah dipahami.
       - Cara penyampaian mudah diterima.
       - Disampaikan secara tulus.
       - Mempunyai tujuan yang jelas.
       - Memperlihatkan norma yang berlaku.
       - Disertai dengan humor.

   2. Komunikasi non verbal :
        Yang perlu di perhatikan dalam komunikasi non verbal adalah :
       - Penampilan fisik.
       - Sikap tubuh dan cara berjalan.
       - Ekspresi wajah.
       - Sentuhan

REFERENSI :

Dilano Satria

Hai Gua Dilano, penulis blog ini, blog ini adalah Courtesy dari blog yang lama - dilanoit.blogspot.com, saat ini penulis sebagai mahasiswa. Welcome, Have a great time here! ^-^.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar