Pemanfaatan Teknologi Masa Kini - Virtual Reality (VR)

Hi kawan - kawan semua, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung hehe, silahkan duduk santai, siapkan teh dan cemilan karena kita akan membahas salah satu pemanfaatan teknologi masa kini yang sudah sering saya gunakan, dan akan saya sedikit jelaskan...

Kali ini saya akan membahas tentang PEMANFAATAN TREN INOVASI MASA KINI, yaitu VIRTUAL REALITY atau yang teman - teman sekalian sudah sering dengar dengan singkatan VR...


Mungkin ada beberapa teman - teman sekalian yang belum terlalu familiar dengan teknologi VR ini, maka saya bahas sedikit pengertian, alat, dan kegunaannya dulu ya...

-Dikutip dari wikipedia.id

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Ya, jadi dengan teknologi VR ini kita dapat merasakan, melihat, mendengar dunia yang imaginatif atau maya dengan alat bantu komputer maupun gadget lainnya.



Oh iya sedikit berkomentar, VR ini berbeda ya dengan AR (Augmented reality), kedua teknologi ini sebenarnya mirip, hanya caranya dan penggunaannya yang berbeda, jika VR menggunakan ruangan virtual, jadi apa yang kita lihat dapat menjadi apapun yang komputer simulasikan, seperti game, war simulation, dan lain lain, AR disisi lain menggunakan dunia asli tetapi dengan object tambahan yang berupa maya atau virtual, jadi object virtual tadi digambarkan pada ruangan dimana kita berada, dan kita dapat berinteraksi dengan object tersebut, sebagai contoh yaitu Microsoft Hololens



Sudah paham sedikit tentang intisari dari virtual reality? sekarang kita bahas alat - alat apa saja yang digunakan teknologi VR ini?

Tetapi sebelumnya VR saat ini terbagi menjadi 2 jenis, VR menggunakan komputer/game console sebagai pemrosesan dan headset VR sendiri sebagai alat output, dan gadget sebagai alat pemrosesan VR sekaligus sebagai output visualnya, hanya dibutuhkan headset VR dimana kita memasukkan gadget kita kedalamnya.

 1. VR dengan Komputer & Game Console




VR dengan komputer & game console ini memiliki kelebihan yaitu output visual yang lebih realistic dan input intuitive, serta dengan bantuan alat lainnya dapat memberikan haptic feedback kepada penggunanya.

Tetapi dengan kelebihan tersebut VR ini masih memiliki kelemahan yaitu MAHAL, ya, untuk menjalankan VR ini teman - teman membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang MUMPUNI yang bisa menghabiskan minimal 15jt, serta headset VR yang disediakan oleh HTC yaitu HTC vive seperti pada gambar diatas, atau oculus rift, keduanya cukup mahal, di indonesia masih sulit ditemukan, dengan kisaran harga 10- sampai 15 juta.

Atau alternatif lainnya yaitu VR dengan game console, disini game consolenya adalah PS4 PRO yang baru saja direlease pada akhir 2016 lalu, untuk PS dan headset VRnya dijual terpisah juga ya teman - teman.

Langsung saja ke alat - alat yang dibutuhkan :

  1. Headset VR (Oculus rift/HTC vive/PS VR) dan dari vendor - vendor lainnya.
  2. Controller VR (Didapatkan sepaket dengan headset VR).
  3. Tracking sensor (Didapatkan sepaket juga, tetapi hanya oculus dan htc, untuk ps sensor ini include pada controllernya).
  4. PC MASTER RACE :p ya maaf saya terlalu bersemangat jika membahas komputer dengan spek tinggi... atau PS4 PRO.
  5. Game & Software VR.
  6. Headset (saya rekomendasikan untuk headset gaming dengan 7.1 channel).
  7. Sofa (opsional).
  8. Ruangan kosong.




 2. VR dengan gadget anda (Smartphone)

Nah yang kedua adalah VR dengan smartphone, disini sih kelebihannya MURAH ya, apalagi kebanyakan dari kita sudah memiliki gadget smartphone, tinggal membeli headset VRnya saja, mungkin controllernya juga...

Dengan kelebihan tersebut tentunya terdapat kelemahan pula, kelemahannya adalah respon visual yang tidak terlalu realistic, serta tidak adanya haptic feedback, dan juga control yang kurang intuitive.

langsung ke alat alatnya yaitu :

  1. Gadget smartphone yang cukup mumpuni spesifikasinya, dan yang penting pastikan smartphone teman - teman memiliki sensor gyroscope.
  2. VR Controller (bisa berupa stick game untuk android/ios).
  3. Headset.
  4. Sofa (ya karena VR ini untuk saat ini hanya tersedia untuk posisi diam, kita belum bisa berjalan dalam ruangan).
  5. Game & Software VR tentunya.
Saya sih untuk saat ini masih menggunakan tipe VR ini, karena alasan... ya sudah tahu lah hehe...

ini VR gear yang saya gunakan...




Lanjut ke bahasan selanjutnya yuk... yaitu macam - macam kegunaan VR.

Beberapa kegunaan VR dalam bidangnya masing - masing saat ini yaitu :




1. Bidang Media dan Hiburan (Game, Film, 360 video, DLL)Yang pertama adalah VR dibidang hiburan, virtual reality untuk saat ini masih memiliki fungsi umum yaitu untuk bermain game, dan menonton video 360. game yang dimainkan melalui VR akan terasa realistic karena kita seperti berada didalam game tersebut,


2. Bidang Militer (Simulasi perang & kontrol alat perang)Dalam bidang militer, penggunaan Virtual Reality ini akan mampu membantu para tentara untuk sebuah simulasi perang. jadi para personel akan dapat merasakan dan mengetahui situasi peperangan tanpa melakukan peperangan senjata, dengan teknologi VR ini personel tentara dapat lebih mengetahui situasi dan memahami misi mereka yang sudah mereka rasakan dengan VR,


3. Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat)Dengan latihan menerbangkan pesawat menggunakan VR maka pilot dapat melakukan dan mencoba menerbangan pesawat tanpa adanya resiko kecelakaan terjadi, serta menerbangan pesawat dengan VR tergolong murah dan mudah, tidak ada bahan bakar yang digunakan, dan alat serta software VR tersebut dapat berulang ulang kali dipakai dengan konfigurasi yang berbeda - beda.


4. Bidang - Bidang lainnyaVR juga memiliki beberapa bidang lainnya diantaranya :
  1. Bidang Medis dan Kedokteran.
  2. Bidang Desain (lebih ke AR).
  3. Bidang Teknik dan Otomotif.
  4. Bidang Ekonomi & Lifestyle (Belanja Virtual).
  5. Bidang Olahraga. 

Jadi dengan kegunaan tersebut apa saja sih yang sudah saya manfaatkan dari teknologi VR? hehe sebenarnya tidak banyak untuk saya sendiri, karena saya juga belum bisa menggunakan VR dengan potensi yang penuh (keterbatasan alat), jadi saya menggunakan VR untuk : 

  1. Bermain game (game VR mobile maupun PC, loh kok bisa di PC padahal kan headsetnya untuk smartphone? ya bisa, dengan menggunakan software RIFTCAT yang sudah di install pada PC dan gadget, teman - teman bisa memainkan VR dari komputer dan ditampilkan ke layar gadget teman - teman).

  2. Menonton video 360 (saat ini sangat banyak video 360 yang bertebaran di internet, terutama youtube, teman - teman bisa mencobanya).

  3. Jalan - jalan di google maps, ya teman - teman tau google maps memiliki fungsi street view? apakah teman - teman pernah berfikiran merasakan pergi ke suatu tempat dengan VR?

Sekian dari saya, habis membuat post ini merasa ingin bermain VR hehe, terima kasih sudah berkunjung :D silahkan di comment & share ya...

Dilano Satria

Hai Gua Dilano, penulis blog ini, blog ini adalah Courtesy dari blog yang lama - dilanoit.blogspot.com, saat ini penulis sebagai mahasiswa. Welcome, Have a great time here! ^-^.

30 komentar :

  1. mantap lah tiati jgn pake vr di jalan raya ya dil

    BalasHapus
  2. keren nih jadi gak salah lagi antara AR sm VR

    BalasHapus
  3. wahh pengen nyobain vr nya dong bawa kekelasnya lagi

    BalasHapus
  4. Gokil gokil tuh VR sama AR nya

    BalasHapus
  5. wah keren banget bang! kapan2 bawa dong VR nya ke kelas hehehe

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bermanfaat, thanks dilano

    BalasHapus
  7. Wah keren banget dil artikelnyaa

    BalasHapus
  8. Wihh keren dil😅😅😅 mau nyoba dong VR nya,hahahah

    BalasHapus
  9. suka banget dah sama teknologi yg satu ini
    mantap gan

    BalasHapus
  10. mantap dilano.. ditunggu artikel selanjutnyaa (y)

    BalasHapus
  11. SEPP!!!
    Artikel bagus nih, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita semua ^0^/

    BalasHapus
  12. Nice article (y)
    waaaaa sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  13. mantap gan, vr yang murah di review juga dong

    BalasHapus