Pengertian, Perbedaan, Sejarah, Contoh SI & TI

Main Question :
Apa sih yang dimaksud dengan sistem informasi itu?



(I) PENGERTIAN.

  1. SISTEM INFORMASI


Sistem Informasi atau yang biasa kita sebut dengan singkatan SI merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. 

Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash 
"Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan"

Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas


"Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dariprosedurprosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam."

Singkatnya dalam SI/Perkuliahan sistem informasi itu belajar tentang gabungan dari komputer yang meliputi informasi, Manajemen, Bisnis, Keuangan(Akuntansi), Statistika, dan Software maupun hardware dalam komputer. jadi sistem informasi ini tidaklah mejurus seperti jurusan TI, tetapi seperti gado-gado dimana kita belajar semuanya tetapi tidak memasteri bidang itu. 

Bisa dibilang anak SI itu tau segala hal, memang bukanlah orang yang terbaik di suatu bidang tertentu, tetapi dengan banyaknya integritas bidang lain dalam orang itu maka sistem informasi dapat menjadi lebih baik dibandingkan dengan jurusan/bidang lainnya yang ilmunya sangat menjurus. keputusan yang tepat.

  2. TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Nah jadi sudah mulai terlihat kan perbedaannya? singkatnya kalau sistem informasi itu mempelajari tentang sistemnya, sedangkan teknologi informasi itu lebih mempelajari ke alatnya* 
*sok tau haha

TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.

(II) PERBEDAAN.

1. Perbedaan Sistem informasi dengan teknologi informasi

Mungkin diantara pembaca masih banyak yang bingung dan bertanya - tanya tentang perbedaan SI dengan TI untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. kita buat kata kunci dulu...

SISTEM (Software) informasi

Sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, jadi sistem ini bisa dianggap otak/tata kerja/software yang mengatur dan memproses data menjadi informasi.

TEKNOLOGI (Hardware) informasi
sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.


(III) SEJARAH.

1. Sejarah SI*

*Disclaimer: penulis tidak tahu pasti sejarahnya jadi biarkan wikipedia yang lebih banyak tau biar engga sesat :p

Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.



Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia komputer.

2. Sejarah TI*

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radiotelevisikomputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.


(IV) CONTOH.

1. Contoh Aplikasi SI

- Sistem akuntansi
- Sistem keuangan
- Sistem basis data
- Sistem manajerial
- Sistem organisasi
- Sistem pengambilan keputusan (SPK)
- dll

1. Contoh Aplikasi TI

- Teknologi komputer

- Teknologi integrated - electronic
- Teknologi media
- Teknologi komunikasi
- dll; segala hardware pengolah informasi

Sekian dari penulis, terima kasih sudah berkunjung. :D

Referensi.
Sistem Informasi      : REF1 REF2 REF3
Teknologi Informasi  : REF1 REF2

Dilano Satria

Hai Gua Dilano, penulis blog ini, blog ini adalah Courtesy dari blog yang lama - dilanoit.blogspot.com, saat ini penulis sebagai mahasiswa. Welcome, Have a great time here! ^-^.

32 komentar :

  1. makasih bang infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. makasih bang referensinya membantu saya

    BalasHapus
  3. makasih jd saya tahu sejarah pengertian dan penerapannya

    BalasHapus
  4. nice info, thanks.. keep writing about interesting post

    BalasHapus
  5. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  6. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  7. informasi yang diberikan sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. thanks banget informasinya ttg si dan ti, jadi makin tau mendalam tentang si dan ti

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  10. bermanfaat bgt nih, jadi banyak yg dimengerti

    BalasHapus
  11. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  12. Oke nice info gan, sangat membantu

    BalasHapus
  13. Artikel yang bermanfaat sekalii gan,jadi makin paham nih .. thanks ya :D

    BalasHapus
  14. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
  16. bermanfaat sekali.. tapi biar lebih gak ngebosenin bacanya, ditambah gambar dong gann hehe cuma saran. makasih

    BalasHapus
  17. setuju sama nadya nandini. agar makin bagus artikelnya

    BalasHapus
  18. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus