KEINDAHAN KEHIDUPAN MANUSIA

PROLOGUE


Tiga hal dalam kehidupan manusia yang penting: yang pertama adalah untuk bersikap baik; yang kedua adalah untuk bersikap baik; dan yang ketiga adalah untuk bersikap baik. ” 

-Henry James- 

A little brief of beauty
Setiap manusia dilahirkan dan dibekali dengan banyak sekali keindahan. Keindahannya baik dari dalam, dari luar, maupun yang ada disekitarnya. Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keidahan identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, selera mode, kedaerahan atau lokal. Maka jika manusia hidup tanpa keindahan pada hakikatnya dia sudah mati. Keindahan bisa membuat kita gembira, bersyukur dan lain-lain. Orang yang hidup tanpa keindahan pada realita maka dia akan cenderung kurang bersemangat.

Jadi keindahan merupakan hal yang penting dan fundamental dalam kehidupan manusia, keindahan pula dapat membedakan manusia dengan mahluk hidup lainnya di bumi ini, walaupun pada dasarnya setiap elemen kehidupan di bumi kita ini mengikuti pola keindahan yang seragam, pada beberapa kasus banyak spesies hewan yang saling menjaga spesies hewan lain. Kita bisa Tarik kesimpulan bahwa keindahan ialah hal yang sudah menyatu untuk membentuk kehidupan yang dinamis.

Dalam artikel ini penulis ingin membagikan sebuah cuplikan video clip yang menurut penulis memiliki segudang arti keindahan dalam kehidupan manusia, silahkan di lihat video clip berikut - Coldplay - Up&Up



mungkin kita akan tertegum dengan keindahan yang ada di video tadi, betapa indahnya kehidupan manusia dibumi, betapa besarnya kita sebagai suatu mahluk hidup. Keindahan kehidupan kita sangat banyak tercermin pada video tadi.

Mungkin kita belum atau tidak menyadarinya tetapi sangatlah banyak hal – hal yang terjadi didunia ini tanpa kita sadari. Kehidupan yang dinamis, keagungan Allah SWT. Dan keindahan dari kehidupan ini sendiri. Kita juga dapat melihat langsung lirik yang tersurat dalam musik tersebut. Bahwa manusia memiliki segudang keindahan dalam hidupnya. Walaupun beberapa orang mungkin tidak sedang menemukan makna keindahan (misalkan sedang berperang) dibelahan dunia lainnya tetap ditemukan senyuman kecil yang sedang terjadi.

Dalam kutipan lirik yang penulis ambil:
How can people suffer, how can people part?
How can people struggle
How can people break your heart
Break your heart?

Yes I wanna go, yes I wanna feel
Yes I wanna know, show me how to heal it up, heal it up

Dalam cuplikan lirik diatas bisa kita ambil cara untuk berbagi keindahan. yaitu dengan cara berbagi kebaikan kepada sesama yang sedang tidak menemui keindahan. kita sebagai mahluk sosial yang dapat merasakan perasaan baik kaindahan maupun keterpurukan yang disarakan orang lain dapat menjadi jalan yang mudah untuk dapat menemukan keindahan untuk diri kita sendiri.

Jika kita tidak menemukan keindahan dalam kehidupan. Lihatlah keluar, dan maknai setiap detik dari arti kehidupan kita. Tanyakan pada diri sendiri, untuk apa kita disini? Apakah itu kehidupan? Bagaimana kita mensyukuri kehidupan yang kita miliki. Apakah kita memiliki kekurangan yang menjadi kelebihan dari manusia lainnya? Jadilah hebat. Jadilah besar. Maka kita akan bersyukur dan dapat memaknai arti keindahan dari kehidupan kita.

Mungkin apa yang dimaksud “keindahan” pada setiap orang dapat berbeda beda, ada orang yang sederhana tetapi ia dapat menemukan arti keindahan hidupnya, adapula yang tidak, dan begitu pula yang sebaliknya.

Jika kita tetap tidak bisa menemukan arti keindahan dalam diri kita, cobalah berbagi keindahan untuk orang lain. seperti yang terkutip pada teori berikut:

"Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan."
Manusia & Keindahan - Ilmu budaya dasar 1 - Universitas Gunadarma

Pasti kita dapat menemukan makna keindahan yang sulit kita dapatkan. Dengan hanya tersenyum kecil, kita membuka pintu keindahan yang sangat besar. Hidup ini penuh keindahan dan warna. Temukan keindahan hidup mu. Dan jangan lupa Bersyukur.

Dilano Satria

Hai Gua Dilano, penulis blog ini, blog ini adalah Courtesy dari blog yang lama - dilanoit.blogspot.com, saat ini penulis sebagai mahasiswa. Welcome, Have a great time here! ^-^.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar