Pemanfaatan Tren Inovasi (BIO 3D PRINTER, ELECTRIC CAR)

Hi kawan, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang PEMANFAATAN TREN INOVASI MASA KINI, disini kita akan membahas berbagai macam tren inovasi yang sudah ada (baru) dan yang kira-kira pengaplikasiannya akan berdampak ke kehidupan masa depan kita, kira - kira apa saja sih? apakah tren teknologi ini dapat mendatangkan keuntungan untuk kehidupan kita dimasa depan? yuk kita bahas...

3D Bio-Ink Printer

Ya, kalian pasti sudah sering mendengar kata 3D printer, tetapi 3D printer kali ini menurut saya memiliki dampak yang cukup signifikan akan kehidupan kita di masa ini dan dimasa yang akan datang.


Gambar : Biobot 3D printer

Printer 3D Biobot 1 bisa menciptakan jaringan manusia dengan menggunakan sel-sel. Printer canggih tersebut dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Biobots. Teknologi 3D printer ini akan di luncurkan ke masyarakat pada tahun 2015 ini, printer ini dapat mencetak bagian tubuh dan organ organ tubuh manusia maupun makhluk hidup lainnya.

3D Printer ini menggunakan tinta Bio-Ink yaitu sebuah cairan sel pasien (calon penerima organ buatan) yang dikembang-biakkan di dalam laboraturium.

Mari kita bayangkan sejenak kegunaan alat ini jika pengembangannya sudah maksimal, alat ini tentunya dapat meningkatkan ekspektasi umur hidup kita hingga beberapa tahun, menurut data :

118,893

people need a lifesaving organ transplant (total waiting list candidates). Of those, 76,246 people are active waiting list candidates.

118.893 orang menunggu organ transplant yang dapat menyelamatkan hidup mereka, 76.246 orang diantaranya sudah sangat membutuhkannya.

 Sekarang mari kita lihat data pendonor organ :

15,951

donors
Total Donors January - December 2016 as of 01/18/2017

Hanya 15.951 donor yang tersedia untuk mendonorkan organnya tertanggal tulisan ini dibuat.


data ini diperoleh dari https://www.unos.org/data/ pada saat saya membuat post ini

Ya data tersebut sudah sangat mencerminkan betapa diperlukannya organ - organ buatan, 3D printer yang dapat mencetak organ manusia ini sudah menjadi tren pada rumah sakit ternama US dan UK, setiap tahunnya organ buatan menyelamatkan banyak nyawa.

Jadi pertanyaannya bagaimana 3D printer ini bekerja? 

Cara kerja 3D Printer ini pada umumnya mirip dengan 3D printer konvensional, yaitu dengan cara meng-inject cairan Bioink (sel sel hidup) yang belum memiliki fungsi khusus agar terbuat bentuk dasar dari organ, lalu organ yang belum sempurna tersebut disinari dengan sinar biru (Blue Light) untuk merangsang pertumbuhan sel dan mengeliminasi faktor – faktor dari luar seperti kuman, bakteri, dan lain – lain.


BIOINK yang sudah di print menyerupai Bentuk Telinga Manusia

Dampak Positif dari printer ini sudah jelas akan menambah angka harapan hidup bagi para pasien yang butuh organ pengganti maupun dalam bidang kesehatan dan pengetahuan.

Untuk bahasan kedua akan saya bawa dari post saya sebelumnya juga yaitu electric car, ya untuk yang satu ini kita sudah tidak jauh lagi, dan mungkin hanya butuh support dari pemerintahan republik indonesia tercinta ini agar semua dapat terwujud... yuk kita bahas, tapi sebelumnya baca dulu artikelnya disini

Electric Car


Tidak perlu dibahas lagi ya kawan, semua dusah lengkap di post saya, ada curhatan juga hehe, langsung saja ke pemanfaatannya...

Autopilot, ya, kenapa masih harus repot nyetir di jalan (mungkin untuk di negara kita yang jalannya tidak teratur autopilot hanya di tol saja ya) kalau mobil kita bisa berjalan sendiri, kawan kawan bisa bermain hp, baca koran, mengerjakan pekerjaan kantor sambil disupiri oleh mobil sendiri.
  
Tidak ada kemacetan, tapi untuk yang 1 ini harus sudah banyak ya yang menggunakan mobil elektrik dengan fitur self driving, karena menurut penelitian kemacetan terjadi karena adanya kendaraan jauh didepan yang mengerem dan akan terjadi domino effect, jika semua mobil self driving, maka jalan, kecpeatan akan teratur dan respon lebih cepat sehingga tidak akan terjadi kemacetan.

Safety, pemanfaatan mobil electric juga akan meningkatkan standar kehidupan kita yang tidak mahal dalam biaya bahan bahar, sehat tanpa polusi, tidak menggunakan oli yang berlebihan, ya menurut saya mobil electric ini sebenarnya memiliki ribuan kelebihan hanya untuk 1 atau 2 kekurangan, jadi kenapa belum berpindah?

Demikian posting saya kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung hehe :D

Sumber Data : 
https://www.unos.org/data/


Dilano Satria

Hai Gua Dilano, penulis blog ini, blog ini adalah Courtesy dari blog yang lama - dilanoit.blogspot.com, saat ini penulis sebagai mahasiswa. Welcome, Have a great time here! ^-^.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar